Selasa, 23 Januari 2018

Tumbuh Kembang Anak

Perkembangan anak akan berlangsung paling pesat ketika anak memasuki usia 0-3 tahun. Setelah itu, proses tumbuh kembang anak akan berlangsung secara kontinu. Dalam fase ini, Bunda harus selalu memantau perkembangan anak secara berkala untuk memastikan proses berjalan sesuai tahapan usia anak.

Pemantauan secara berkala ini juga diperlukan untuk mendeteksi dini jika kemungkinan terjadinya gangguan pada perkembangan anak. Gangguan dalam perkembangan si kecil yang cepat ditemukan tentu akan dapat lebih mudah ditangani oleh para orang tua. Proses tumbuh kembang anak yang optimal dapat tetap tercapai.

Secara umum, terdapat 3 faktor utama yang dapat mempengaruhi perkembangan anak :

. Faktor genetic seperti jenis kelamin, ras (suku bangsa), faktor keturunan yang sifatnya patologik (penyakit tertentu).
. Faktor lingkungan tempat tingal, cuaca dan sanitasi.
. Faktor asupan nutrisi dan vitamin yang dikonsumsi oleh anak setiap harinya.

Parameter utama dalam pertumbuhan dan perkembangan anak pada umunya akan mengacu pada empat aspek perkembangan anak usia dini :

. Aspek perkembangan fisik anak

Aspek ini akan meliputi anak saat pertambahan berat badan, tinggi badan, serta keterampilan motorik kasar dan motorik halus. Untuk memperkirakan apakah berat badan anak normal (dalam kilogram), Bunda bisa menggunaka rumus ini dari Richard E Behrman

Lahir : 3,25
3-12 bulan : (umur (bulan) +9) :2
1-6 tahun : (umur (tahun) x2 +8

Untuk memperkirakan tinggi badan anak, Bunda bisa menggunakan panduan berikut ini :
1 tahun : 1,5 x tinggi badan saat anak lahir
4 tahun : 2 x tinggi badan anak saat lahir
6 tahun : 1,5 x tinggi badan anak saat umur 1 tahun

Aspek Perkembangan Fisik Anak

















. Aspek perkembangan kognitif

Aspek perkembangan kognitif si kecil dapat dibagi menjadi kedalam empat tahap ; sensorimotor (0-24 bulan), praoperasional (2-7 tahun), operasional konkret (7-11 tahun), operasional formal (11 tahun ke atas).

Aspek Perkembangan Kognitif Anak

















. Aspek perkembangan bahasa

Aspek ini berhubungan dengan kemampuan si kecil dalam memberikan respons terhadap suara, berbicara, berkomunikasi dan mengikuti perintah orang tua. Kemampuan berbahasa si kecil akan tumbuh dan berkembang pesat selama masa prasekolah. Kemapuan berbahasa si kecil dapat dideteksi keterlambatan pada sistem lain, seperti kemampuan kognitif, sensorimotor, psikologis, emosi dan lingkungan sekitar.

Aspek Perkembangan Bahasa Anak

















. Aspek perkembangan sosio-emosional

Aspek ini dapat mengacu kepada perkembangan si kecil dalam berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu, aspek ini dapat terkait dalam kemampuan mandiri si kecil seperti makan sendiri, membereskan mainan sendiri setelah bermain dan berpisah dengan Bunda/Ayah.

Aspek Perkembangan Emosional Anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar