Rabu, 24 Januari 2018

Daya Tahan Tubuh Anak

Sistem kekebalan tubuh anak atau yang dikenal sebagai sistem imun anak yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh anak, sistem kekebalan tubuh ini terdiri dari beberapa sel dan zat yang dihasilkan oleh tubuh, keduanya akan bekerja secara kolektif untuk melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuh.
Sistem kekebalan tubuh akan memberikan perlindungan penyakit dari luar tubuh anak seperti infeksi kuman, bakteri dan virus yang dapat melibatkan sel dan organ di dalam tubuh, apabila sistem imun anak melemah maka perlindungan yang dihasilkan juga akan melemah sehingga kuman, bakteri dan virus dapat lebih mudah masuk  dan berkembang di dalam tubuh anak.
Kondisi seperti ini sering kali dialami oleh anak-anak karena sistem kekebalan tubuh anak belum sempurna sehingga anak akan rentan terkena berbagai penyakit, meskipun demikian ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para orang tua untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak.

. Memberikan ASI Ekslusif pemberian ASI kepada anak yang masih berusia 0-6 bulan yang  berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak serta dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan dan pernafasan anak.

. Bermain di lingkungan para orang tua sering kali merasa khawatir apabila si kecil bermain pada lingkungan yang kotor, padahal bermain pada lingkungan yang seperti itu tidak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak agar  berkembag sepenuhnya.

. Banyak tertawa melakukan kebiasaan yang dapat membuat anak tertawa merupakan salah satu cara untuk membantu meningkatkan produksi sel yang dapat membantu anak untuk meningkatkan kekebalan tubuh untuk membunuh kuman yang dapat menyebabkan flu dan pliek pada anak.

. Beristirahat dengan cukup untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, bisa dilakukan dengan cara beristirahat yang cukup karena porsi tidur anak yang sehat yang sudah berusia 3-12 tahun mencapai 10 jam setiap harinya.

. Kurangi memberikan antibiotik, karena pemberian antibiotik yang terlalu sering kepada anak dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh anak.
 
. Menghindari anak dari polusi udara, karena polusi udara dapat merusak silium merupakan organel sel yang berfungsi sebagai alat bantu pergerakan yang menonjol dari sebagian sel yang diameternya kira-kira 0,25 μm dan panjangnya sekitar 2 sampai 20 μm serta biasanya muncul dalam jumlah banyak pada permukaan sel. Jauhilah anak dari benda-benda asing yang dapat masuk ke dalam tubuh dan jauhilah anak dari polusi udara seperti asap pembekaran, asap rokok dan polusi akibat beberapa bahan kimia lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar