Kamis, 25 Januari 2018

Makanan Sehat Anak

Bahan makanan apa saja yang dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak :

. Madu

Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Jika Tawon madu sudah berada dalam sarang nektar dikeluarkan dari kantung madu yang terdapat pada abdomen dan dikunyah dikerjakan bersama tawon lain, jika nektar sudah halus ditempatkan pada sel, jika sel sudah penuh akan ditutup dan terjadi fermentasi. Hal itu dikarenakan kandungaan nutrisi dan vitamin di dalamnya diantaranya vitamin A, B2, acid dan asam amino. Namun satu hal yang harus Anda tahu meskipun madu sangat baik bagi kesehatan anak tapi bukan berarti baik untu anak yang masih dalam usia di bawah satu tahun. Hal ini disebabkan madu juga memiliki kandungan zat spora yang merupakan bakteri dari clostridium botulisme, dimana kandungan ini sangat berbahaya bagi kesehatan anak yang masih dalam usia dibawah satu tahun.

Madu Makanan Sehat Anak



. Salmon

Salmon merupakan jenis ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega3 DHA dan EPA yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak. Salmon adalah sumber terbaik yag mempunyai kandungan tersebut. Kebutuhan anak sangat penting akan omega 3 perhari adalah 1,2 gram, dalam 100 gram ikan salmon mengandung 2,2 gram asam lemak omega 3.

Salmon Makanan Sehat Anak


. Telur

Kuning telur ternyata kaya akan kandungan kolin di dalamnya. Kolin merupakan zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat. 1 butir telur berukuran besar memiliki kandungan kolin 126 mg. ini lebih besar dari 2 sendok makan selai kacang yang hanya mengandung 20 mg dan 300 gram daging sapi memiliki kandungan 66 mg kolin.

Telur Makanan Sehat Anak

. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan memiliki protein dan karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang juga kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang baik untuk otak karena dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak pada sore hari jika dikonsumsi saat makan siang. Kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asam lemak omega 3 daripada jenis kacang yang lain, khususnya ALA, jenis asal omega 3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak.

Kacang-Kacangan Makanan Sehat Anak

. Gandum
 
Gandum sangat bermanfaat untuk otak anak, karena otak sangat membutuhkan suplai glukosa dari tubuh yang memiliki sifat konstan, dan gandum memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan anak. Selain itu, memiliki kandungan vitamin B yang berfungsi untuk memelihara kesehatan sistem saraf anak. Kandungan vitamin B yang terdapat di dalam gandung adalah 1,5 gram per 100 gram dan kebutuhan vitamin B pada anak-anak adlah 1 mg per hari.

Gandum Makanan Sehat Anak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar