Senin, 29 Januari 2018

Nutrisi Tumbuh Kembang Anak

Nutrisi Tumbuh Kembang Anak


Anak-anak yang masih berusia 5-12 tahun pastinya mereka sudah mengetahui makanan apa saja yang disukai dan sering dimakan di luar rumah. Faktor pengaruh dari teman dan iklan, mulai dapat mempengaruhi anak dalam memilih makanan. Meskipun begitu, para orang tua harus tetap memperhatikan kandungan nutrisi yang terdapat di dalam makanan tersebut agar tubuh kembang anak menjadi sempurna.

Meskipun pertumbuhan anak yang berusia 5-12 tahun lebih lambat dari pada masa bayi, anak usia sekolah masih memiliki kebutuhan gizi yang sangat tinggi, tetapi nafsu makannya cukup kecil. Jadi, sangat penting jika memilih makanan dan snack untuk anak sebaiknya harus mengandung nutrisi dan energi yang baik untuk tumbuh kembang anak. Pilihan makanan anak usia dini mungkin sudah banyak yang dapat mempengaruhi pilihan makanan anak-anak tersebut yang kemudian hari sampai mereka tumbuh dewasa.

Anak-anak yang memasuki usia sekolah masih memiliki kebutuhan energy yang tinggi untuk pertumbuhan dan aktivitasnya selama di sekolah, tetapi semakin banyak energi juga tidak bangus karena dapat menjadi kelebihan berat badan anak. Hal tersebut dikarenakan anak makan terlalu banyak kalori yang masuk ke tubuh anak dan tidak cukup aktif untuk memakai energi tambahan yang mereka dapatkan.

Jika para orang tua memiliki anak dengan kelebihan berat badan, maka sebaiknya anda dapat mendorong anak untuk melakukan aktivitas fisik dalam bentuk apapun seperti berenang, sepak bola dan bersepeda. Anak yang memiliki kelebihan berat badan, mereka juga masih membutuhkan diet nutrisi yang menyediakan semua bangunan penting untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Mendorong anak untuk memakan makanan sehat, tetapi anda juga harus memperhatikan anak untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Pastikan seluruh keluarga mengkonsumsi makanan sehat untuk menyediakan model peran yang baik untuk anak. Berikut ini ada beberapa komponen makanan sehat yang dibutuhkan oleh anak dalam proses tumbuh kembangnya, seperti :

. Kalsium

Kalsium merupakan mineral yang sangat penting untuk perkembangan tulang anak yang sehat. Sumber kalsium yang baik yang terdapat di dalam produk seperti susu, keju yoghurt, jus jeruk, sayuran berdaun hijau, sereal, biji wijen dan tahu. Anak idealnya harus mendapatkan 3 porsi makanan yang mengandung kalsium per harinya, seperti meminum segelas susu 150ml, meminum yoghurt dan memakan sepotong keju yang berukuran kecil.

. Folat

Folat sangat penting untuk pertumbuhan anak, tetapi masih sering terjadi asupan yang rendah pada beberapa anak. Asupan folat yang rendah terutama sering kali terjadi pada anak yang sering melewatkan sarapan, misalnya sarapat sereal merupakan sumber yang baik dari folat. Sumber-sumber lainnya termasuk roti, sayuran berdaun hijau dan kacang-kacanngan.

. Zat Besi

Mineral yang terdapat di dalam zat besisangat membantu anak untuk menjaga sel-sel darah merah yang sehat pada tubuh anak. Kurangnya asupan zat besi yang masuk ke dalam tubuh anak akan menyebabkan anemia defisiensi besi, tetapi ini jauh kurang umum pada anak yang masih usia sekolah dasar. Sumber dari zat besi dapat diperoleh dari daging merah, hati, sereal dan kacang-kacangan. Untuk membantu penyerapan zat besi agar lebih efektif dari sumber-sumber makanan non daging, yang bisa anda kombinasikan  dengan makanan yang kaya vitamin C seperti jeruk dan jus buah.

. Makanan yang mengadung kemak dan gula

Dalam kolompok ini mencangkup ke dalam bahan makanan, seperti mentega, minyak goring, gula, biskuit, kue, keripik, permen, es krim, coklat dan minuman manis. Makanan ini tidak boleh di makan terlalu sering oleh anak. Makanan ini hanya boleh dikonsumsi oleh anak dalam jumlah kecil. Karena makanan tersebut meilikiserat seperti kalori, lemak dan gula dan makanan tersebut kurang mengandung banyak vitamin dan mineral yang bagus untuk anak.

Membatasi anak untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis yang dapat menurunkan resiko gigi berlubang. Batasi jumlah gula dan permen yang dimakan oleh anak. Beberapa minuman bebas gula juga dapat menyebabkan gigi berlubang pada anak karena keasaman dari minuman tersebut. Susu atau air putih merupakan minuman terbaik di antara waktu makan. Berikut ini adalah pedoman untuk meberikan makanan pada anak yang sedang dalam proses tumbuh kembangnya, antara lain :


. Sebaiknya anak makan 3 kali sehari secara terartur dengan makanan tambahan saat sarapan pagi dan makan sore hari atau sebelum tidur.

. Mendorong anak untuk memakan berbagai makanan dari kelompok makanan utama.

. Mendorong anak untuk memilih makanan ringan yang bergizi untuk tumbuh kembangnya dari pada banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang berlemak dan mengandung gula.

. Mendorong anak untuk membuat pilihan menu makanan yang tepat untuk bekal di sekolah atau menyediakan bekal makan siang yang sehat sebagai alternative.

. Mendorong anak untuk lebih aktif secara fisik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar