Selasa, 23 Januari 2018

Kesehatan Anak

Upaya untuk menjaga kesehatan anak dapat dilakukan melalui perilaku anak sehari-hari. Membiasakan anak untuk memakan makanan yang bergizi dan memberikan anak vitamin untuk kekebalan tubuhnya agar terhindar dari berbagai jenis penyakit. Kebiasaan yang anda tanamkan saat anak masih berusia dini agar menjadi dasar pola hidup anak sampai anak tumbuh dewasa.

. Mengkonsumsi asupan bergizi

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang anak adalah dengan memastikan anak selalu mengkonsumsi asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhnya. Hidangkan selalu makanan yang bernutrisi karena sangat bagus untuk untuk kesehatan anak, seperti menu utama dan camilan. Batasi frekuensi anak untuk jajan sembarangan, baik di sekolah maupun di luar rumah. Lebih baik bila Bunda membuat sendiri di rumah camilan untuk anak, sehingga asupan gizi maupun kebersihannya tetap terjaga dan lebih terjamin kebersihannya. Bunda harus memberikan pengertian yang tepat mengenai alasan kenapa tidak boleh untuk jajan sembarangan, misalnya, masakan yang di masak di sembarangan tempat tidak terjamin kebersihanya, sehingga si kecil akan berisiko sakkit perut, batuk, pilek, sakit tenggorokan dan yang lainnya.

Mengkonsumsi Asupan Bergizi

















. Mengurangi asupan gula tinggi

Anak-anak memang sangat senang menyantap makanan manis, seperti kue, permen, coklat dan yang lainnya. Tentunya hal ini wajar kok, Bun, sebab kandungan gula pada makanan dapat merangsang pengeluaran endorphin yang dapat membuat si kecil merasa rileks dan senang. Akibat efek dari kandungan gula tersebut, dan si kecil jadi ingin memakan makanan dan minuman manis.
Namun, perlu Bunda ketahui bahwa terlalu banyak memakan makanan manis dapat berakibat buruk pada kesehatan si kecil, si kecil akan berisiko menderita kegemukan dan kekurangan zat gizi lain akibat si kecil terlalu sering mengkonsumsi gula. Mengkonsumsi gula secara berlebih dapat merusak kesehatan gigi sikecil. Jadi, Bunda harus membatasi asupan makanan maupun minuman bergula tinggi untuk menjaga kesehatan anak. Bila si kecil memang senang untuk memakan makanan dan minuman manis, Bunda dapat memberikan buah yang rsanya manis sebagai pengganti gula, atau Bunda dapat membuatkan camilan manis dengan kadar gula yang rendah dan tidak berlebihan, dari pada Bunda membeli makanan dari olahan bergula tinggi untuk si kecil.
Mengurangi Asupan Gula Tinggi
. Melakukan imunisasi sesuai jadwal

Bunda dapat menjaga kesehatan anak dengan melakukan imunisasi sesuai jadwal. Karena imunisasi sangat membantu untuk memperkuat daya tahan tubuh anak terhadap berbagai penyakit, seperti tifoid, polio, influenza, hepatitis A dan yang lainnya. Maka dari itu, pastikanlah Bunda membawa si kecil ke posyandu taua rumah sakit untuk mendapatkan imunisasi sesuai jadwal, termasuk untuk pengulangannya.
Melakukan Imunisasi Sesuai Jadwal

















 
. Tidur Teratur

Anak-anak membutuhkan waktu tidur yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan orang dewasa. Memenuhi kebutuhan tidur si kecil merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga kesehatan anak. Kebutuhan tidur anak usia 1-3 tahun misalnya, 12-14 jam per hari. Sementara, anak usia 4-6 tahun membutuhkan waktu tidur sebanyak 11-13 jam per hari. Jadi, penuhilah kebutuhan tidur si kecil dan ciptakan pola tidur yang teratur, sebagai bagian dari pembentukan pola hidup sehat si kecil.

Tidur Teratur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar